Selasa, 06 Desember 2011

laporan praktek

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
( SMK )
 NEGERI 2 KEBUMEN
POMPA INJEKSI
TIPE DISTRIBUTOR
NAMA        : Rakhmat Supriyadi/23
KELAS         : XII TKR 1

TUJUAN :
Setelah melakukan jobsheet  “ Pompa Injeksi Tipe Distributor ” siswa diharapkan akan dapat :
1.    Melakukan overhaul pompa injeksi tipe distributor dengan standar operasional prosedur yang benar
2.    Mengetahui nama komponen pompa injeksi tipe distributor
3.    Memahami fungsi masing –masing komponen pompa injeksi
4.    Memahami prinsip kerja pompa injeksi tipe distributor
ALAT :
1.    Kunci   L   ( 1 set )
2.    Kunci  pas 12
3.    Kunci  Ring 14
1.    Obeng   (+) dan  (-)
BAHAN :
1.    Pompa injeksi distributor
2.    Solar
1.    Kain lap
WAKTU :
Instruktur  :   1 jam  (45 menit )
Latihan       :   4 jam  (4 x 45 menit )
Evaluasi      :   2 jam  (2 x 45 menit )

KESELAMATAN KERJA :
1.      Berdoa sebelum melaksanakan jobsheet
2.      Pergunakan peralatan dan bahan sesuai dengan fungsinya
3.      Lakukan pembongkaran sesuai dengan urutan langkah kerja yang benar
4.      Hati hati terhadap komponen yang mudah rusak
5.      Hindari tumpahan solar dan bersihkan tumpahan, pergunakan bak untuk tempat
6.      Perhatikan aturan, petunjuk dan peringatan yang ada
7.      Dalam perakitan lakukan dengan sungguh- sungguh tanpa pemaksaan
8.      Lakukan perawatan dan pembersihan terhadap peralatan, bahan dan tempat  setelah
menyelesaikan jobsheet

LANGKAH KERJA :
1.         Persiapkan peralatan dan bahan kerja yang dibutuhkan
2.         Lakukan pembongkaran pompa injeksi tipe distributor sesuai dengan urutan langkah kerja
a.   Plunger
b.   Distributor head
c.   Solenoid
d.   Plunger spring
e.   Delivery valve  dan delivery valve holder
f.     Load automatic timer
g.   Cam face
h.   Kopling dan roller
i.     Governor weight
j.     Spil port dan spill ring
SMK N 2
KEBUMEN
PERBAIKAN SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL –POMPA DISTRIBUTOR
XII TKR 1
1 Of  4
3.        Mengenali komponen dan sambil dilumasi solar
a. Plunger
Fungsinya sebagai piston yang mengalirkan bahan bahar










Komponen lubang di plunger :
(1)   Spill port : membocorkan bahan bakar
(2)   Distribution port : mengalirka bahan bakar ke masing – masing silinder
(3)   Pressure equalizing groove : menyamakan tekanan dalam dan luar

b. Solenoid
Fungsinya membuka dan menyetop aliran bahan bakar










c. Plunger spring
Fungsinya mengembalikan / memegaskan dan melawan tekanan plunger










d. Delivery valve  dan Delivery valve holder
Delivery valve  Fungsinya sebagai katup pengalir yang mengalirkan bahan bakar dan mengegah perembesan pada permukaan nozzle setelah akhir penyemprotan
Delivery valve holder Fungsinya  sebagai pegangan untuk memegang delivery valve

SMK N 2
KEBUMEN
PERBAIKAN SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL –POMPA DISTRIBUTOR
XII TKR 1
2 Of  4






e. Load automatic timer
 Fungsinya Memepercepat saat penyemprotan bahan bakar










f.   Cam face, Kopling dan roller
Cam face Fungsinya menaikan plunger
Kopling dan roller Fungsinya memutarkan plunger










g. Governor weight
Mengatur banyaknya bahan bakar yang akan disemprotkan







h. Spil port dan spill ring
Spil port Fungsinya membocorkan bahan bakar
spill ring Fungsinya menentukan banyaknya bahan bakar yang akan disemprotkan

SMK N 2
KEBUMEN
PERBAIKAN SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL –POMPA DISTRIBUTOR
XII TKR 1
3 Of  4



















4.         Memahami cara kerja pompa injeksi tipe distriobutor
Bahan bakar diesel di bersihkan oleh water sedimenter dan fuel filter Bahan bakar melumasi komponen pompa Sebagian bahan bakar kembali ke tangki melalui over flow srew sambil mendinginkan bagian pompa yang dilewatinya.
Pump plunyer bergerak lurus bolak - balik sambil berputar karena bergeraknya drive shaft, camplate,tappel rollers,plunyer spring dan bagian lain.
Gerakkan bolak balik plunyer menaikkan tekanan bahan bakar dan menekan bahan bakar melalui delivery valve ke injection nozzle. Mechanical governor mengatur banyaknya bahan bakar yang disemprotkan dari nozzle dan menggerakkan spill ring. Sehingga merubah saat akhir langkah efekif plunyer.
Pada saat putaran  rendah maka governor weight akn menguncup membuat spill ring bergerak membuka spill port membocorkan bahan bakar maksimum sehingga putara mesin menjadi tinggi,
Karena putaran tinggi maka membuat governor weight mengembang dan memgherakkan spiil ring dan spill port memboocorkan bahan bakar minimum dsan putaran mesin menjadi rendah. Da kembali ke kondisi pyutarn rendah yaitu governor weight menguncup dank e prosess delanjutnya seperti semula dan berkjaln siklus tersebut terus menerus.

SMK N 2
KEBUMEN
PERBAIKAN SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL –POMPA DISTRIBUTOR
XII TKR 1
4 Of  4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar